jump to navigation

Dunia Maya & Aku Bangga jadi Anak Godog July 5, 2010

Posted by lapsippipm in short story.
trackback
Oleh David Efendi, Pegiat Hismag dan Lapsi
Untuk menyampaikan rasa cinta dan bangga kepada desa Godog ternyata tidak selalu harus diungkapkan dengan lisan di atas podium atau di dean umum. Banyak cara dilakukan ana muda terpelajar Godog misalnya denga belajar secara sungguh-sungguh atau denan menuliskan ungkapan cinta di sebuah blog jaringan internet. Edisi kali ini Laporan utama sedikit banyak menyingkap tentang realitas Hismag di dunia maya (tidak nyata, internet). Dari belahan dunia mana saja bisa mengetahui siapa hismag sejatinya?

Hismag termasuk generasi yang menimani bahwa, “siapa yang ingin menguasai dunia, maka kuasailah informasi”. Hal ini benar-benar dimanfaatkan oleh teman-teman yang tergabung dalam komunitas Hismag. “Kecanggihan blog yang didesain hismag sampai pada penggunakan google.earth yang bisa memantau dari kota-kota lain atau belahan bumi lain siapa orang meninggal yang baru dimakamkan di kuburan Godog akan bisa dibaca nama yang tercantum di Nisannya.” Ujar Cak David ketika ditemui redaksi.

Tim redaksi majalah Hismag memutuskan untuk memuat laporan utama dengan tema pengembaraan pelajar Godog di Dunia Maya (cyber space) yaitu jaringan Internet yang luar biasa canggihnya, mampu mengirim berita secara cepat tanpa batas ruang dan waktu. Apa yang dialami teman Hismag di Bandung jika ditulis di internet maka teman-teman Hismag di belahan bumi lain seperti di Malang, Jember, Yogyakarta bahkan India pun akan mengetahuinya secara cepat dan akurat karena bisa dikonfirmasi bahwa suatu berita itu benar atau hanya gossip dengan meninggalkan pesan di buku tamu atau coment di bawah materi tulisan.

Hismag sejak lahir adalah sekumpulan manusia yang kreatif (minority creative) hanya dalam perkembangannya akan mengalami lompatan sejarah yang berbeda-beda. Jika generasi “ashabiqunal hismag” (pemula) seringkali menggunakan dakwah bil lisan alias kultum dan ceramah di musholah atau masjid di desa Godog. Akan tetapi generasi berikutnya mengalami pemutakhiran tekhnologi yang jauh lebih massif secara jumlah dan keanekaragaman media. Hismag lalu pesat berkembang dalam media tulis, bulletin, majalah sampai blog di dunia maya yang mampu menjejaringkan diri dengan komponen dunia di luar yang sangat luas.

”Blognya orang Godog yang keliling Dunia”

Di halaman depan blog hismag (hismag.wordpress.com) terdapat tulisan yang sangat unik dan mampu membangkitkan semangat kebersamaan pelajar Godog yang sedang merantau yaitu, ” Hismag: blognya orang Godog yang sedang keliling Dunia”. Dahsyat banget rasanya karena kita merasa senasib dan seperjuangan meski kita berasal dari keluarga yang berbeda, sekolah yang berbeda, akan tetapi kita merasa satu juga, kita merasa diikat oleh perkumpulan Hismag. Akhirnya, luar biasa blog ini kemudian menjadi ajang reunian antar generasi atau lintas generasi. Siapa  dibalik Blog ini? Tentu ada pendekar tekhnologi Cak Andi Pranoto, lalu Cak David yang menggawangi update berita dan wacana di Blog Hismag, serta sempat dikelola oleh teman-teman Hismag Jember.

Blog hismag di dunia maya ini dibuat kira-kira tahun 2004 dengan beberapa kali pindah tangan seiring pergantian pengurus hismag. Menurut penuturan mantan ketua Umum Hismag ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari tradisi bertekhnologi tinggi melalui Internet bagi organisasi Hismag. Pertama, sebagai media komunikasi antar anggota/pengurus Hismag tanpa batasan ruang dan waktu. Kedua, sebagai media da’wah hismag di dunia maya. Dengan demikian orang luar juga bisa belajar tentang hismag yang merupakan organisasi paling unik di dunia karena ada empat orang profesor yang mengakui bahwa Hismag itu perkumpulan yang canggih dan modern serta riil karena berbasis pedesaan. Sebagai media syiar Islam dan kemanusiaan misalnya hismag juga memuat persoalan TKI/TKW yang dianaiaya, mahalnya biaya sekolah, sampai persoalan tawuran antar warga, soal pekerjaan nganakno duwek pun mendapat sorotan yang luar biasa di blog internet Hismag ini.

Ketiga, selain itu media ini bisa digunakan untuk curhat atau berbagi pengalaman. Misalnya ada seseorang yang baru pulang kampung ke Godog lalu kembali ke rantauan untuk sekolah lalu menuliskan tentang keadaan mutakhir di desa Godog baik tentang banjir, sekolah yang makin sepi, sampai pilkades yang aneh. Sayang, terkadang masih banyak yang malaui sms. Dan akhir-akhir ini sms pun bisa diketik ulang di Blog agar bisa dibaca secara luas anak-anak Godog yang sedang keliling dunia.

Beberapa cuplikan (sebagian kecil) komentar pengunjung Blog dapat dimuat di media kali ini misalnya kita ambil salah satu upload(materi) yang berjudul Godog adalah sebuah desa….lalu komentar dari pelajar Godog yang singgah di blog hismag, tidak hanya orang Godog bahkan orang luar mengatakan salut kepada Godog dan Hismag misalnya:

Upload:

Sampean bebas mengartikan dan mengilustrasikan tentang arti Godog bagi Sampean. Nanti pendapat yang paling keren Insya Allah akan dimuat di Suara Hismag Idul Fitri mendatang.

“Apakah Godog hanya sekedar menanak makanan buat sampean?”
“Apakah Godog merupakan ‘telaga kautsar’ tempat kita melepaskan segala kepenatan kita selama di perantauan?”
“Apakah Godog menjadi tidak penting ketika kita mengaku sebagai orang Lamongan, Indonesia, atau penduduk dunia?”
“Apakah akhirnya Godog menjadi ‘kota’ yang kita tinggalkan kemudian kita lupakan?”

Monggo, silakan teriakkan suara sampean “tentang Godog”! Siapa tau kesan-kesan kita, harapan-harapan kita kepada Godog tercinta bisa terwujud

Komentar (sebanyak 79 orang):

1 | udin

godog adalah sebuah desa kecil yang sangat keren bagiku………
keren karena orang2nya terkenal “pinter”
keren karena keindahan alamnya
keren karena desanya yang asri
keren karena orangnya ramah-ramah

tapi itu dulu…..kalo sekarang??

2 | Fiqih M. Yusuf

godog itu desa yang unik….

mari kita jaga keunikan ini. . . .

dengan tidak membiarkan karat menempel

KULI MALAYSIA
saya rasa karat yg menempel d desa godog tdk mungkin bisa d hilangkan sbb karat itu adalah kenikmatan & bisa juga d katakan surga desa godog

3 | itmam

yang jelas godog berubah adalah tanggung jawab kita….
tetap semangat apapun yang terjadi.ok

4 | arik

godog adalah desa yang dihimpit antara desa bulu dan krang tawar serta di sebelah bengawan solo dan lapangan kbanggaan kita oro-oro

5 | muhammad ali

kita bangga terhadap desa kita sendiri,dan juga kita harus bisa memajukan godog melalui hismag dan ipm,teman – teman ni alamat email aku amuhammadali23@yahoo.com

6 | muhammad ali

ini aku frengki aku juga bangga terhadap desa aku.

7 | muhammad ali

kepada para teman teman semoga kita bisa lebih maju,dan juga ipm godog

9 | mbv

oh…ya mas Ali ni aku BRIAN HIDAYATULLAH msih inget kan ma saya?gmana IPMnya good luck ya,berdiri tegaklah tampilah dimuka.

Cak David
Godog itu konon seperti pohon beringin….ich serem ya but i love Godog bgt

Agust Andy
Maret 29, 2009 pada 19:58

Alhamdulillah baek.
Iyo lah suwe ra ketemu, lha wong aku blum pulang lagi dari lebaran kmarin :p

15 | andre’s(bukan orang Godog)
wah desa godog sekarang kok tidak gaungnya lagi, kenapa!padahal desa godog adalah desa pelajar, apakah orang yang pandai itu selalu diam dalam tindakan, tolong tanggapannya!

17 | denmas

godog bukan tidak bergaung….
dodog punya karya nyata…
itu mimpi kita
terutama hismag …..

19 | arik lama
kangen rek q ma tanah airkuw…………

Agust Andy

Halah, biasane bali sminggu pisan wae kangen?

22 | wongbulu
Mei 29, 2009 pada 21:49

oh iyo podo-podo…ancene bocah godog pinter-pinter, mendingan ngeblog daripada tawuran iyo ra?……….kenalno Afif ak sak leting karo Umam, panji, ain dll.

wong Godog

he wongbulu mosok awakmu ora ngerti seng tawuran iku sehat.

24 | Fahmy

halooo kawan2 semua yg da di slruh pnjuru tanah air ini,gmn kbrx?

Kuli Malaysia

bagaimana kalau presiden kasdaun pasti goooood

Anak Godog, teruslah mengembara!

Berselancar di dunia maya, membaca berita, mengirim berita, forward informasi atau replikasi wacana adalah aktivitas warga Hismag di luar Godog dan sekarangpun internet sudah menembus jantung desa kita Godog. Tekhnologi adalah baik, tergantung bagaimana kita akan memanfaatkannya. Inilah keyakinan Hismag sebagai perkumpulan intelektual yang berilmu, yang berwawasan luas dengan disipilin ilmu yang sangat beragam maka blog hismag semakin ramai seperti pasar malam, siapa bisa berbicara apa saja tanpa ada batasan, siapa saja bisa menaruh komentar atau opini baik anggota hismag yang masih SMP, SMA sampai perguruan tinggi dan alumni bisa nimbrung dan bicara apa saja sesuka hatinya. Inilah yang disebut pengembaraan du dunia maya yang mampu melipat dunia menjadi lipatan kecil sebentuk monitor 14 inc atau flasdisk sebesar kacang tanah dua biji. Kita saksikan, anak-anak muda Godog terus berpetualang mengembara mencari ilmu atau mencari kitab suci dalam film Monkey King dengan gurunya Tong Sam Cong.

Tapi seringkali kita akan kembali teringat akan desa kita, ketika Ramadhan tiba, rasa kangen dan rasa ingin memeluk tanah air kembali bergelayut dalam jiwa dan raga kita lalu mudik pun menjadi pilihan toh anak-anak hismag sebenarnya tidak pernah melupakan desa tersayang ini. Suatu saat toh mungkin akan menjadi pemimpin di desa yang terus maju dan berkembang ini dengan segala kelemahan dan kekurangannya.

Godog pada tahun 2050 nanti akan dipegang oleh generasi yang sekarang sedang duduk di bangku SLTA yang tersebar dimana-mana di seluruh penjuruh tanah air, mereka memendam rasa cinta tanah air godog yang teramat tulus ikhlas. Jika diberikan kesempatan memimpin dan mengelola desa ini tentu ada optimisme sebab rasa cinta itu akan mendatangkan semangat heroisme akan kampung halaman. Jika mempunyai pemikiran membangun desa tentu akan membangun dengan nurani hati yang tulus suci.(DEF)

Advertisements

Comments»

1. Thony - July 5, 2010

tinjukkan Godog bahwa, Godog bukan sekedar Nama Desa…!?

2. lapsippipm - July 5, 2010

terus nama apa kira-kira mas yang bisa ditunjukkan? ada ide tidak misalnya apa saya gak punya ide lagi buntet


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: