jump to navigation

Bencana dan Tanda-tanda Zaman October 31, 2010

Posted by lapsippipm in Read n Learn.
trackback

David Efendi

Salah satu tujuan menulis dan mengumpulkan beberapa ciri dan tanda gejala-gejala alam yang sering melanda negeri ‘zamrud bencana’ atau ‘negeri 1001 bencana’ adalah hasrat ingin berbagi lantaran saya sendiri tidak berkuasa atas tanda-tanda alam yang makin sulit diprediksi dan kecanggihan ilmu pengetahuan dan tekhnologi juga belum mampu memberikan gambaran dan kemungkinan yang pasti tentang tanda-tanda berakhirnya zaman dengan diawali berbagai bencana alam seluruh dunia 10 tahun terakhir ini. Ketika gempa mengguncang Yogyakarta pada 26 Mei 2006 yang lalu, saya sendiri tidak mengerti apa yang menjadi pertanda, dan ratusan ribu orang mungkin sama dengan kemampuan saya yang tidak becus membaca alam.

 

Misi kedua, dalam menulis ini adalah ingin mendapatkan kepastian tentang pertanda-pertanda alam yang akan saya cantumkan di catatan ini, apakah masih berlaku, sudah tidak berlaku sama sekali dan bagaimana ilmu pengetahuan baru apakah sudah menemukan gejala pertanda akan datangnya bencana baik gempa, tsunami, gunung meletus, Banjir, dan sebagainya. Berikut ini adalah sekumpulan pengetahuan yang terserak:

Tanda-tanda akan terjadi Gunung Merapi akan meletus:

  1. Terjadinya gempa lokal biasanya disebut gempa vulkanik. Kalau muncul gempa di daerah gunung berapi, warga pun segera waspada
  2. Binatang yang turun dari gunung. Binatang pertama yang akan turun burung, diikuti monyet, harimau dan landak. Jika landak sudah turun gunung segera meletus
  3. Meningkatnya suhu di sekitar daerah gunung berapi. Semakin dekat cairan itu menunju kawah gunung, suhu di sekitarnya pun akan berubah jadi lebih panas.
  4. Mata air di sekitar gunung akan mongering. Lihat tanda gunung akan meletus poin ketiga.
  5. Tumbuh-tumbuhan atau tanaman di wilayah gunung berapi akan layu dan mati kering.
  6. Hujan abu vulkanik (bisa setelah letusan atau antar letusan)

Tanda-tanda akan terjadi Gempa Bumi:

  1. Di langit ada awan yang berbentuk seperti angin tornado/seperti pohon/seperti batang, bentuknya berdiri, itu adalah awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi.
  2. Lampu neon tetap menyala redup/remang-remang biarpun tak ada aliran arus listrik.
  3. Air tanah tiba-tiba menjadi surut tidak seperti biasanya.
  4. Hewan-hewan seperti “menghilang”, lari atau bertingkah laku aneh/gelisah. Insting hewan biasanya tajam dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis.

Tanda-tanda akan terjadi Tsunami:

  1. Jika terdengar suara abnormal setelah terjadinya gempa. Seperti bunyi helikopter, suara drum band, serta desingan roket.
  2. Sesaat sebelum tsunami datang terjadi angin dengan hawa agak dingin bercampur dengan bau garam laut yang cukup kuat, yang kemungkinan besar akibat tolakan air laut di lepas pantai
  3. Air laut yang surut secara tiba-tiba.
  4. Dari kejauhan tampak gelombang putih dan suara gemuruh yang sangat keras.
  5. Binatang keluar dari tanah (ular), dan sebagian berlari menuju tempat yang lebih tinggi atau menjauh dari arah laut.
  6. Masuknya air ke saluran sungai secara mendadak dari arah laut.
  7. Ada tinkah laku hewan (Gajah, anjing, burung,…)yang tidak biasa pada umumnya. (kita mesti sensitive)

Sebagai catatan menurut ahli bahwa tsunami terjadi jika : Gempa besar dengan kekuatan gempa > 6.3 SR, lokasi pusat gempa di laut, kedalaman dangkal < 40 Km, terjadi deformasi vertikal dasar laut. Tsunami di Indonesia pada umumnya adalah tsunami lokal, dimana waktu antara terjadinya gempa bumi dan datangnya gelombang tsunami antara 20 s/d 30 menit.

Tanda-tanda akan terjadinya banjir bandang:

  1. Curah hujan di bawah normal dengan pola hujan berintensitas tinggi dan durasi singkat serta kemampuan intersepsi tajuk dan infiltrasi tanah terbatas merupakan tanda-tandanya. Kondisi ini sering tidak disadari karena El Nino sering kali dihubungkan dengan kekeringan, akibatnya antisipasi terjadinya banjir tidak dilakukan secara proporsional.
  2. Lainnya?

Hewan-hewan lebih dekat dengan alam daripada kebanyakan manusia. Alam merupakan tempat tinggal para hewan sejak awal mereka ada di bumi. Bahkan bila hewan dijadikan binatang peliharaan dan tinggal di rumah bersama-sama manusia, insting hewan tak berkurang. Mereka masih memiliki koneksi erat dengan alam.

Seperti yang sudah sering kita saksikan dan hadapi, banyak sekali bencana alam terjadi belakangan ini. Bahkan bisa lebih banyak lagi akibat kerusakan-kerusakan yang dibuat sendiri oleh manusia. Banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, badai, topan semuanya memakan banyak korban jiwa dan materi. Pengalaman membuktikan bahwa hewan-hewan dapat mendeteksi dini bencana alam dan membuat mereka selamat dari bencana. Kita sebagai manusia dapat memperhatikan hubungan erat antara hewan dengan alam yang nantinyapun akan dapat membantu kita mengurangi resiko dari bencana alam, termasuk kemungkinan menyelamatkan nyawa kita.

Apakah ini pertanda zaman berakhir? bumi sudah tua dan kehidupan sudah saatnya diperbarui dengan cara tuhan? kita belum tahu makanya kita berusaha belajar dan mencari tahu apa kehendak tuhan dan alamnya.

Di atas merupakan usaha penulis mengumpulkan dari berbagai sumber dan penulis tidak tahu pasti apakah pertanda tersebut harus direvisi, jika ya yang mana kira-kira yang sudah tidak menjadi gejala sehingga public mengetahui yang mendekati benar. Jika tidak, maka kita akan kembali mencari ‘tuhan’, atau kembali ke masa lalu dengan menghidupkan kembali kearifan lokal, budaya lokal, dan sebagainya yang ramah dan bersahabat dengan alam sehingga alam pun terkembang untuk kebahagiaan manusia dan bukan bencana.

 

Salam

Oct 2020

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: